Info-Kesehatan: Bahaya Tersembunyi Pada Gorengan Pinggir Jalan



Banyak orang yang suka sekali makan gorengan yang dijajakan abang gorengan dipinggir jalan. Karena selain rasanya yang enak, harganya pun sangat terjangkau.




Akan tetapi sebaiknya jangan terlalu sering membeli jajanan ini, karena ternyata banyak bahaya yang mengintai dibalik rasa dan harganya yang menarik.








Apa saja bahaya gorengan pinggir jalan?


- Sering terkontaminasi bakteri yang berbahaya.


Hal ini disebabkan karena gorengan yang telah matang diletakkan di tempat yang terbuka, sehingga mudah dihinggapi lalat, terpapar debu dan udara kotor.





- Sayur-sayuran yang dipakai banyak yang sudah tidak segar.


Pasti si abang gorengan memilih ini karena harga sayuran yang sudah tidak segar tersebut jauh lebih murah dari harga sayuran segar. Bahaya dari sayuran tidak segar ini sebenarnya tidak ada, hanya nilai gizinya sudah jauh berkurang dibandingkan dengan sayuran yang masih segar.





- Pemakaian minyak goreng bekas yang berbahaya.


Minyak goreng bekas yang berbahaya itu yang berasal dari penjernihan secara kimia minyak jelantah sisa-sisa restaurant. Penggunaan minyak jelantah saja sudah berbahaya karena semakin sering minyak goreng dipakai maka akan terjadi perubahan sifat fisika dan kimia pada minyak goreng, yaitu terbentuknya gugusan benzena yang bisa menyebabkan munculnya kanker. Apalagi jika minyak jelantah yang sudah dijernihkan dengan bahan kimia berbahaya itu digunakan lagi sampai berulang kali, tentu saja hal ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan kita dan kemungkinan terkena kanker akan semakin tinggi.





Source:http://anekatipskesehatan.blogspot.com/2011/05/bahaya-tersembunyi-pada-gorengan.html

No comments:

Post a Comment