Info-Kesehatan: Peraturan Pemerintah Tentang Suplemen

Sering kali sulit untuk melihat bagaimana pemerintah bisa mengatur apa yang harus kita lakukan dan tidak harus. Mengenai apa yang kita konsumsi, ada beberapa hal yang ikut bermain. Pertama, pemerintah dapat mengatur apa yang kita konsumsi jika yang dikonsumsi merupakan bahan yang dianggap tidak sah (illegal substances). Beberapa substansi yang diatur mungkin lebih berbahaya daripada yang lain, apalagi substansi yang tidak diatur oleh pemerintah mungkin bisa lebih berbahaya lagi. Namun sulit untuk menarik garis ketika membahas peraturan pemerintah tentang hal-hal berupa suplemen vitamin dan mineral.

Biasanya, pemerintah di sebagian besar negara di dunia mengatur hal-hal yang masuk ke dalam tubuh kita-yang berlabel obat. Karena sebagian besar suplemen vitamin dan mineral yang bisa kita dapatkan hanya diberi label sebagai kategori makanan dan mereka bisa lolos tanpa diatur oleh pemerintah. 

Apakah ini berarti bahwa Anda tidak bisa mengandalkan pemerintah ketika mereka datang untuk memastikan apakah suplemen gizi yang Anda gunakan itu aman. Saat mereka menghampiri sebagian besar obat, Anda dapat mengetahui bahwa pemerintah menguji mereka dan memastikan mereka aman bagi Anda untuk dikonsumsi. Namun, ketika suplemen dan vitamin diberi label makanan, ini berarti bahwa produsen mereka bertanggung jawab atas keamanan produk mereka. Ini berarti bahwa Anda sepertinya harus menaruh kepercayaan dan yakin pada perusahaan yang membuat suplemen untuk memastikan bahwa produk itu aman bagi Anda untuk dikonsumsi. 

Fakta tetap bahwa saat suplemen dijual, tidak ada peraturan yang mengatakan bahwa ia harus diuji dan terbukti aman atau bahkan berguna. Ini juga berarti bahwa jika ada penyakit atau efek samping yang timbul akibat mengkonsumsi suplemen tertentu, produsen tidak bertanggung jawab untuk memberitahu publik tentang rinciannya. 

Apa ini berarti bahwa ketika Anda memutuskan untuk menggunakan suplemen vitamin dan mineral, semuanya bergantung pada Anda dalam memastikan bahwa Anda menggunakannya dengan benar. Anda harus bertanggung jawab untuk memastikan bahwa apa yang Anda konsumsi itu aman, karena tidak ada orang lain yang akan melakukannya untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang apa jenis suplemen yang Anda harus konsumsi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter dan membuat rancangan informasi nutrisi yang terbaik bagi Anda.

Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2010/10/peraturan-pemerintah-tentang-suplemen.html

No comments:

Post a Comment