Info-Kesehatan: OK, Vitamin K!

Vitamin K adalah vitamin yang sangat penting dalam tubuh, ia sangat berperan dalam pembekuan darah, jadi tanpa vitamin K yang cukup, Anda bisa memiliki masalah jika Anda cedera. Jika Anda menderita kekurangan vitamin K darah Anda tidak akan membeku/menggumpal (untuk menghentikan pendarahan saat terluka). Beberapa ilmuwan dan peneliti juga berpikir bahwa vitamin K penting untuk menjaga kesehatan tulang Anda, khususnya seusia Anda. Karena itu, jika tubuh Anda tidak mendapatkan vitamin K yang cukup, mendapatkan vitamin K yang bersumber dari makanan adalah cara terbaik untuk mencapai tingkat normal vitamin K. Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang suplemen vitamin K yang tersedia untuk Anda konsumsi.



Ada tiga belas vitamin yang berbeda yang dibutuhkan tubuh untuk bertahan hidup. Dari tiga belas ini, empat adalah larut dalam lemak (fat-soluble) dan sisanya larut dalam air (water-soluble). Vitamin yang mudah larut dalam air larut dengan cepat dan mudah dikeluarkan oleh tubuh. Oleh karena itu, vitamin yang larut dalam air harus dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kadar kenormalannya. Sedangkan, Vitamin yang larut dalam lemak, tidak keluar dari tubuh melainkan disimpan dalam lemak Anda untuk digunakan di lain waktu. Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak, sehingga tidak harus bagi Anda untuk mengkonsumsinya setiap hari. Namun, yang penting bagi Anda adalah agar tetap memperhatikan kadar vitamin K Anda dalam rangka memastikan bahwa Anda tidak mengalami kekurangan vitamin K. Jika hal ini terjadi, suplemen vitamin mungkin diperlukan.

Vitamin K ditemukan dalam berbagai makanan. Vitamin K juga diproduksi di tubuh oleh bakteri yang ditemukan pada lapisan saluran pencernaan Anda. Jadi, tubuh Anda juga membantu mengatur kadar vitamin K nya sendiri. Adapun makanan yang mengandung vitamin K (dan Anda mungkin akan lebih cukup-makan jika Anda makan makanan yang sehat juga diet seimbang). Ada beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin K yang sangat tinggi termasuk sayuran seperti kubis, bayam dan sayuran hijau lainnya, kedelai, dan kembang kol.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin K dalam diet Anda, penting untuk berbicara dengan dokter Anda tentang penggunaan suplemen. Jika tidak, Anda akan melihat bahwa Anda rentan untuk memar dan berdarah. Kekurangan vitamin K yang paling buruk sangatlah jarang, tetapi ketika hal itu terjadi biasanya karena masalah dalam saluran usus. Tubuh tidak mudah menyerap vitamin K seperti biasa. Dalam hal ini, diperlukan suplemen vitamin. Tapi karena ini adalah vitamin yang larut dalam lemak, Anda harus mengkonsumsi suplemen vitamin untuk vitamin K di bawah pengawasan medis.

Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2010/11/ok-vitamin-k.html

No comments:

Post a Comment