Info-Kesehatan: Suplemen Vitamin dan Penderita Penyakit Crohn

Penyakit Crohn (Crohn's Disease) adalah inflamasi penyakit usus (Inflammatory Bowel Disease/ IBD) yang menyerang usus kecil. Penyakit ini menyebabkan sakit yang parah dan diare dan mirip dengan kolitis ulseratif, yang menyebabkan luka pada lapisan usus. Penyakit Crohn menyerang pria maupun wanita dan juga dapat menyerang anak-anak dan dapat terlihat setelah dewasa nanti. Tidak ada yang tahu pasti apa penyebab Crohn's Disease, tetapi ada banyak pilihan dalam mengatasinya.



Salah satu gejala utama Crohn's Disease adalah kekurangan vitamin D, karena tidak diserap secara teratur ke dalam tubuh sehingga menyebabkan peradangan aktif dalam usus. Vitamin D diperlukan untuk membantu mengatur jumlah kalsium dalam tubuh. Anda biasanya mendapatkan vitamin D melalui makanan yang Anda makan dan juga sinar matahari yang dapat membuat Anda menyerap vitamin D melalui kulit. Namun, untuk penderita Crohn's Disease, mengkonsumsi suplemen vitamin D mungkin diperlukan.

Jika Anda tidak mendapatkan vitamin D yang cukup, osteomalacia hasilnya. Osteomalacia adalah suatu kondisi di mana tulang Anda lebih lemah dari yang seharusnya. Pada anak-anak, ini dapat menyebabkan rakhitis dan menyerang semua kelompok umur. Osteomalacia menyebabkan Anda dapat dengan mudah mengalami patah tulang. Tambahkan suplemen vitamin D pada makanan Anda dan habiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari, Anda harus bisa mendapatkan kadar vitamin D yang dibutuhkan tubuh Anda untuk mencegah hal ini terjadi.

Suplemen vitamin D biasanya tidak diklasifikasikan sebagai obat dan karenanya suplemen dapat dibeli melalui counter di apotek atau toko makanan kesehatan. Karena secara teknis mereka bukan obat, bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi suplemen ini. Pertama, tanyakan dokter apakah aman bagi Anda untuk mengkonsumsi suplemen vitamin D. Karena Anda penderita penyakit Crohn, Anda mungkin memakai obat-obatan harian lainnya. Terkadang suplemen dapat menyebabkan efek samping atau penurunan daya tahan. Anda juga harus bertanya kepada dokter berapa banyak yang harus Anda harus konsumsi setiap hari. Terlalu banyak vitamin D dapat menyebabkan overdosis atau keracunan vitamin, yang dapat menimbulkan masalah pada ginjal dan hati. Cara terbaiknya adalah hanya mengkonsumsi dosis yang disarankan.

Crohn's Disease mungkin penyakit yang menyulitkan, tapi hal-hal kecil seperti suplemen vitamin D dapat membuat hidup lebih mudah. Bicaralah dengan dokter Anda hari ini untuk belajar bagaimana menjadikan suplemen vitamin D menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari Anda agar dapat melawan Crohn's Disease.

Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2010/11/suplemen-vitamin-dan-penderita-penyakit.html

No comments:

Post a Comment