Info-Kesehatan: Pentingnya Vitamin C

Ada banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap hari agar dapat berfungsi dengan baik. Salah satunya adalah vitamin C. Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin C adalah makan makanan seimbang seperti paprika hijau, buah jeruk, stroberi, sayuran hijau, ikan, kentang, brokoli, susu, dan tomat. Lihatlah label pada makanan Anda. Vitamin C kadang-kadang juga disebut asam askorbat. Jika Anda khawatir bahwa Anda tidak bisa mendapatkan cukup vitamin C alami dalam makanan Anda, bicarakan dengan dokter. Dokter dapat merekomendasikan suplemen vitamin C setiap hari untuk membantu Anda mempertahankan kadar vitamin C yang benar dalam tubuh Anda.



Vitamin C adalah salah satu dari 13 vitamin yang dibutuhkan tubuh. Beberapa vitamin larut dalam lemak, yang berarti bahwa tubuh kita dapat menyimpan mereka untuk digunakan. Namun, vitamin C adalah salah satu vitamin dalam tubuh yang tidak larut dalam lemak sehingga tubuh kita tidak dapat menyimpannya dan untuk itu kita harus mengkonsumsinya setiap hari. Banyaknya vitamin C yang diperlukan tubuh bergantung pada usia, jenis kelamin, berat, gaya hidup, dan apakah anda hamil atau tidak.

Apa peran vitamin C? Pada dasarnya, vitamin C merupakan antioksidan, yang bekerja melawan pasukan-pasukan dalam tubuh kita yang dapat menyebabkan kerusakan organ, jaringan, dan sel. Jadi, vitamin C melindungi tubuh dan khususnya dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin C, Anda akan mengalami sariawan. Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan anemia, penyakit gusi, kulit mudah terluka, dan lemah.

Ketika Anda mulai mengkonsumsi suplemen vitamin C, pastikan bahwa Anda mengikuti resep dokter. Jika terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C, Anda bisa overdosis, sama seperti obat khusus lainnya. Hal ini jarang terjadi, karena vitamin C larut dalam air dan kadarnya yang tinggi akan menempatkan tubuh pada tingkat normal, tapi jika hal itu tidak terjadi, maka kelebihan vitamin C bisa menyebabkan batu ginjal dan mengganggu penyerapan vitamin B12,  serta menyebabkan anemia. Diare juga merupakan efek samping dari over dosis vitamin C. Oleh karenanya hal terbaik adalah mendengarkan rekomendasi dokter Anda.

Dalam banya hal, Anda bisa mendapatkan vitamin C yang cukup dalam makanan Anda, terutama jika Anda makan makanan yang sehat. Jika tidak-dan dokter Anda juga memberitahu Anda untuk mulai mengkonsumsi suplemen vitamin C, sebaiknya perhatikan dengan teliti label pada tiap merek sebelum Anda membelinya. Karena suplemen vitamin diklasifikasikan sebagai makanan bukan obat, mereka tidak diatur oleh pemerintah dan kemanjuran dari tiap merek sedikit bervariasi.  


Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2010/11/pentingnya-vitamin-c.html

No comments:

Post a Comment