Info-Kesehatan: Vitamin B yang lain: Pentingnya Vitamin B12

Ketika Anda belajar tentang vitamin-vitamin yang dibutuhkan tubuh Anda untuk bertahan hidup, Anda mungkin melihat bahwa ada sejumlah vitamin yg terdaftar. Namun, setiap vitamin memiliki manfaat tertentu. Vitamin B12 adalah bagian lain dari vitamin B kompleks, dan tanpanya metabolisme kita akan terganggu. Vitamin B12 juga penting dalam membantu pembentukan sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, dan dalam menjaga sistem saraf, yang mengirim pesan ke dan dari otak untuk memberitahu kita bahwa ini panas, nyeri, gatal, bergerak, dan sebagainya.

Vitamin dibagi ke dalam dua kategori umum. Yang pertama disebut vitamin yang larut dalam lemak (fat-soluble) yang diantaranya termasuk vitamin E dan K. Vitamin ini dapat disimpan dalam tubuh dan diproduksi oleh tubuh, sehingga sangat jarang ada yang menderita kekurangan vitamin ini. Sedangkan vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air (water-soluble), meskipun dapat disimpan, kadangkala vitamin ini tidak dapat digunakan dengan baik. Oleh karena itu, mengkonsumsinya setiap hari adalah sangat penting untuk tubuh kita. Jika tidak, tubuh kita tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda yakin bahwa Anda tidak mendapatkan vitamin B12 yang cukup, Anda harus berbicara dengan dokter, ia dapat membantu Anda menemukan suplemen vitamin yang tepat untuk dikonsumsi, jadi hal ini tidak akan menjadi masalah. 

Tentu saja, makanan Anda adalah jalan terbaik untuk mendapatkan vitamin B12 bagi tubuh Anda. Jika Anda makan makanan yang sehat dan seimbang, Anda tidak perlu khawatir tentang kekurangan atau kelebihan dari tingkat normal vitamin B12 dalam tubuh. Namun, jika Anda memiliki kebutuhan makanan atau penyakit tertentu, suplemen vitamin mungkin diperlukan. Anda dapat memperoleh vitamin B 12 yang cukup tinggi dalam telur, daging unggas, daging sapi, kerang, dan terutama produk susu. 

Karena vitamin B12 adalah salah satu dari beberapa vitamin yang dapat disimpan dalam tubuh, maka sangat jarang ada yang menderita kekurangan vitamin B12 dalam skala parah. Namun, jika tubuh Anda tidak dapat menggunakan atau menyerap vitain B12 dari makanan di dalam saluran usus dengan benar, Anda mungkin perlu suplemen vitamin untuk membantu tubuh Anda. Para vegetarian sangat rentan dengan ini dan harus mengkonsumsi suplemen vitamin, karena kebanyakan dari kita mendapatkan vitamin B12 dalam makanan yang biasanya ditemukan dalam daging. Jika Anda tidak mendapatkan vitamin B12 yang cukup, Anda akan menderita kondisi yang dikenal sebagai pernicious anemia. Gejala-gejalanya melingkupi mati rasa dan kesemutan di lengan dan kaki, lelah, kurang keseimbangan, dan gejala neurologis lainnya. Jika Anda khawatir mengalami pernicious anemia, Anda harus berbicara dengan dokter Anda untuk mulai mengkonsumsi suplemen vitamin B12 saat ini.


Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2010/11/vitamin-b-yang-lain-pentingnya-vitamin.html

No comments:

Post a Comment