Info-Kesehatan: Apakah Organik Cukup Baik?


Akan sangat sulit bila Anda pergi ke toko bahan makanan untuk membeli produk seperti telur, daging, ikan, susu, dan bahan pangan lainnya. Dimana-mana tertera label makanan sebagai yang alami, organik, dan lain sebagainya, tapi apa bedanya. Benarkah belajar tentang arti nama label dengan spesifik dapat membantu Anda memutuskan apakah Anda harus membayar ekstra pada produk yang sebenarnya hanyalah sebuah taktik pemasaran?


"Alami" adalah label yang dihubungkan dengan sejumlah produk buah dan sayuran. Padahal, ini adalah taktik sederhana dalam pemasaran untuk meyakinkan Anda untuk membeli produk tersebut. Setelah itu, semua buah-buahan dan sayuran dianggap alami, iya kan? Kecuali suatu makanan segar yang telah dikembangkan dan diproses, produk ini baru bisa disebut alami.

Apakah benar yang sebenarnya Anda mungkin inginkan adalah organik.

Makanan organik ditanam tanpa pestisida dan pupuk kimia. Ada dua manfaat utama dari makanan organik. Pertama, Anda membantu menyelamatkan lingkungan karena bahan kimia tidak baik untuk alam. Kedua, Anda menghindakan diri anda dari menelan bahan kimia dan karena itu jika ingin sehat tingkatkan makanan sehat. Sayangnya, produk-produk organik biasanya jauh lebih mahal. Jika Anda sedang menghemat , abaikan buah organik dan sayuran yang dapat dikupas, seperti jeruk dan pisang. Setelah anda membuang kulitnya, Anda juga telah membuang bahan kimianya. Sebaliknya, pilih buah organik seperti apel, di mana Anda dapat memakan kulitnya. Tidak peduli apa yang Anda beli, bagaimanapun, pastikan bahwa Anda mencuci semua makanan ketika Anda tiba di rumah.



Label lain yang sulit yang akan Anda lihat adalah, "no hormones" ini biasanya terdapat pada produk-produk susu atau daging dan kesemuanya adalah palsu, karena semua binatang secara alami memproduksi hormon. Hormon adalah sesuatu yang membantu binatang (bahkan manusia) untuk mengatur organ tubuh, membuat awet muda, dan fungsi-fungsi lainnya. Semua produk daging memiliki hormon. Apakah maksud label"no hormones" adalah menyatakan tidak ada hormon yang wajar yang diberikan kepada hewan, yang kadang-kadang dilakukan untuk meningkatkan produksi susu. Terlepas dari hormon, bagaimanapun susu dan daging itu aman untuk manusia dan bukan pelanggaran kepada binatang.

Terakhir, label pada telur dan daging dapat menunjukkan jika hewan itu dikurung atau dikandangkan. Ini tidak akan membuat/menunjukkan perbedaan kualitas atau nilai gizi dari daging tersebut, melainkan hanya soal hak-hak binatang. Produk ini mungkin sedikit lebih mahal, tetapi jika Anda ingin membuat keputusan yang manusiawi, ada jalan untuk memulainya. Membaca label dan membuat pilihan yang sehat kadang-kadang bisa menjadi sulit, tetapi belajar bagaimana melakukannya dapat membantu Anda membuat pilihan terbaik bagi diet Anda.

Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2010/10/apakah-organik-cukup-baik.html

No comments:

Post a Comment