Info-Kesehatan: Aerobik Pernapasan

Aerobik adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan mengurangi risiko penyakit dan komplikasi sebagai akibat dari obesitas dan kelebihan berat badan. Hal ini juga akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Aerobik dapat membantu memompa lebih banyak oksigen ke dalam pembuluh darah yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak lemak dan kalori. Secara harfiah, aerobic berarti oksigen. Latihan aerobik dirancang untuk meningkatkan asupan oksigen. Latihan ini akan membakar lemak dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran. 


Menurut penelitian, kematian sekitar 300.000 orang dewasa di Amerika Serikat dapat dikaitkan dengan kurangnya aktivitas fisik dan kebiasaan makan yang tidak sehat. Sekitar dua pertiga dari orang dewasa di AS kelebihan berat badan, sementara sekitar sepertiga dari populasi orang dewasa mengalami obesitas. Orang dewasa bukan satu-satunya yang menderita masalah berat badan. Anak-anak dan remaja dengan obesitas pun juga telah meningkat di akhir tahun karena perubahan gaya hidup. 

Menurunkan berat badan hanya dengan bernafas saja? Mungkinkah? 

Pernapasan merupakan aspek yang sangat penting dalam berbagai jenis olahraga. Bahkan, dalam yoga, bernapas dengan benar sangatlah penting. Olahraga pernapasan bahkan bisa menghilangkan stres dan merilekskan tubuh dan pikiran. Pernapasan untuk menurunkan berat badan dipraktekkan oleh beberapa program pernapasan aerobik. Setiap program memiliki teknik dan petunjuknya sendiri. 

Namun, penting untuk memahami bahwa tidak ada program penurunan berat badan atau pil yang dapat memperlihatkan hasil yang drastis dalam semalam. Obesitas dan kelebihan berat badan yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan aerobik pernafasan saja. Tentunya, diet yang tepat dan olahraga masih penting untuk melawan peningkatan berat badan. Aerobik pernapasan dapat melengkapi program penurunan berat badan yang lain untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. 

Kebanyakan dari kita hanya akan menggunakan sekitar 20% dari kapasitas paru-paru kita, sementara 70% dari eliminasi-racun dalam tubuh kita terjadi ketika kita bernapas. Aerobik pernapasan membantu tubuh kita memaksimalkan potensinya. Dengan bernapas secara benar selama kurang lebih 20 menit sehari, Anda bisa melihat hasil yang drastis dalam kesehatan Anda. 

Prinsipnya adalah bahwa bernapas dapat membersihkan tubuh Anda. Hal ini dapat membantu dalam mengeluarkan limbah, racun dan polutan lain dari tubuh Anda. Teknik pernapasan diafragma-dalam dapat membantu dalam mengurangi selulit, memperbaiki warna kulit, sirkulasi darah, pencernaan dan bahkan gangguan tidur. 

Dengan aerobik pernapasan, yang perlu anda lakukan adalah duduk tegak, tarik napas dari paru-paru dan hembuskan melalui hidung. Pernapasan harus dapat meregangkan paru-paru sesuai dengan kapasitasnya. Ketika menghembuskan napas, pastikan untuk memaksa keluar seluruh udara di paru-paru. Tahan napas sebentar dan kemudian tarik perut Anda masuk. Anda dapat melakukan latihan-latihan ini sekitar 10 sampai 20 kali. Beberapa orang lebih suka melakukannya sebelum lanjut dengan olahraga. 

Semua orang ingin menurunkan berat badan. Tapi itu tidak berarti bahwa Anda harus kelaparan dan bekerja keras untuk menjalankan mesin. Kesimpulannya, kehilangan berat badan berarti tetap makan buah-buahan, sayuran dan makanan sehat, olahraga teratur dan tinggal atau mempertahankan pandangan positif tentang kehidupan. 

Kapanpun kita ikut dalam aerobik dan program penurunan berat badan, tetapkanlah tujuan yang realistis bagi kita untuk mencapai sesuatu, itu akan lebih mudah bagi kita sekaligus menentukan berat badan sesuai dengan kebutuhan kita. Pernapasan mungkin bukan kacang ajaib yang kita cari untuk terlihat bagus, tetapi pernapasan pasti dapat membantu kita berubah menjadi seseorang yang baru. 


Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2010/12/aerobik-pernapasan.html

No comments:

Post a Comment