Info-Kesehatan: Tips Efektif Bersama Aerobik

Semakin banyak orang yang ingin menurunkan berat badan ikut dalam latihan aerobik, sebab olahraga ini tidak begitu berat bagi mereka. Tidak seperti jenis-jenis olahraga lainnya di mana kegiatan yang ketat diperlukan untuk dapat mencapai berat yang diinginkan, latihan aerobik justru memberi kita pilihan untuk menurunkan berat badan tanpa banyak tekanan.

Para ahli mengatakan bahwa dua faktor yang paling penting yang mempengaruhi penurunan berat badan adalah asupan kalori makanan dan frekuensi aktivitas fisik seperti olahraga. 

Meskipun tampaknya mudah untuk memantau asupan kalori dan berolahraga secara teratur, tidaklah selalu efektif terutama jika orang yang melakukan itu tidak cukup disiplin. 

Bagi Anda yang ingin mencapai tujuan penurunan berat badan Anda melalui kegiatan seperti latihan aerobik, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan sendiri agar berolahraga lebih efektif: 

  • Menurunkan berat badan secara bertahap. Pastikan bahwa Anda mengalami penurunan berat badan secara bertahap sekitar 1 hingga 2 pon setiap minggunya tanpa lekas marah maupun kelelahan. Cara ini akan memungkinkan tubuh Anda untuk memulihkan lemak yang berlebih dan kadar air yang kurang. 


  • Memperhatikan apa yang Anda makan. Memilih makanan yang Anda makan dari piramida makanan dapat membantu Anda dalam menjalankan diet seimbang. Anda juga dapat meneliti makanan apa yang baik untuk dikonsumsi selama mengikuti aerobik. 


  • Miminimalisir konsumsi kalori. Pastikan bahwa Anda tahu berapa banyak asupan kalori yang dibutuhkan tubuh Anda,  karena pengurangan kalori yang terlalu banyak dapat memperlambat metabolisme. Cara ini juga menyulitkan tubuh Anda untuk mengkonsumsi gizi yang diperlukan agar bekerja dengan baik. 


  • Melewatkan waktu makan itu tidak sehat. Makanan memelihara tubuh. Walaupun diet atau mengurangi porsi makanan dapat membantu Anda menurunkan berat badan, hal ini tidak bisa menjamin berat badan Anda terus bertahan karena Anda akan cenderung makan lebih banyak di jam makan berikutnya. 


  • Perhatikan porsi makanan Anda. Makan dalam jumlah kecil atau porsi mini akan membantu Anda mengurangi asupan kalori dan lemak. 


  • Berlatih makan dengan porsi besar saat siang hari dan makan dalam porsi kecil di malam hari. Cara ini akan menyeimbangkan metabolisme serta pembakaran lemak dan kalori tidak berguna di dalam tubuh Anda.


  • Makan perlahan-lahan. Jika Anda sedang tidak terburu-buru, luangkan waktu untuk menikmati makanan Anda dengan makan perlahan-lahan. Selain menikmati rasa makanan, Anda juga memberikan waktu yang cukup tubuh Anda menyesuaikan diri dengan makanan yang dimakan. Ketika sinyal kenyang dikirim ke otak, Anda bisa makan dengan porsi yang lebih kecil. 


  • Minumlah banyak air untuk mencegah dehidrasi. Anda yang saat ini sedang dalam proses menurunkan berat badan melalui aerobik, pastikan bahwa tubuh Anda agar terhidrasi dengan baik untuk menghindari masalah dehidrasi. 

Aerobik tidak hanya membantu dalam penurunan berat badan tapi juga bisa membawa manfaat kesehatan lainnya seperti menyehatkan jantung dan paru-paru karena aerobik meningkatkan oksigen yang tersedia bagi tubuh. Cara ini dapat membantu orang mencegah maupun menyembuhkan penyakit jantung dengan memungkinkan jantung untuk menggunakan oksigen dalam cara yang lebih efisien dan efektif. 


Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2010/12/tips-efektif-bersama-aerobik.html

No comments:

Post a Comment