Info-Kesehatan: Aerobik Untuk Anak-Anak

Penting untuk mengajarkan anak-anak sejak dini tentang kesehatan dan kebugaran. Melibatkan mereka dalam olahraga dan aerobik tidak hanya akan membantu mereka memahami kesehatan tetapi juga membantu mereka mengarahkan energi mereka ke dalam gerakan dan latihan yang menjadikan mereka produktif dan sekaligus menguntungkan dalam jangka panjang.


Menurut penelitian, sekitar 25% dari anak-anak dan remaja tidak memiliki "aktivitas fisik yang kuat." Sekitar 14% anak-anak dan remaja tidak melaporkan aktivitas fisik mereka seperti berjalan atau bersepeda sehari-hari.

Hal ini dapat menjadi salah satu alasan mengapa jumlah anak-anak yang mengalami kelebihan berat badan tumbuh dua kali lipat di awal tahun 1970-an. Pada tahun 2000, 19% anak-anak dengan usia 6 - 11 tahun, dan 17% dari 12 sampai 19 tahun, mengalami kelebihan berat badan.

Mereka yang diikutkan dalam aktivitas fisik, dapat mengurangi resiko terjadinya masalah kesehatan saat mereka tumbuh dewasa. Berolahraga dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, stroke dan penyakit jantung.

Tapi membuat anak Anda mengikuti olahraga dari video selama 30 menit bukanlah hal yang menyenangkan bagi anak Anda.

Ada pusat kebugaran yang memiliki program olahraga anak-anak, diantaranya bersepeda, berenang, berjalan, berbaris, bermain game untuk memperkenalkan aerobik dengan resiko rendah, sedang, dan tinggi serta aktivitas fisik lainnya.

Memperkenalkan anak-anak dan remaja untuk mengikuti aerobik akan membantu mereka menjadi lebih aktif sekaligus mengubah pandangan mereka terhadap gaya hidup mereka kelak saat mereka tumbuh dewasa.

Ada juga pusat-pusat kebugaran yang menawarkan program olahraga yang cocok untuk anak-anak dan remaja, berdasarkan usia, keterampilan dan tentu saja, kemampuan dan kondisi pribadi mereka.

Ada juga CD dan DVD yang menggabungkan gerakan aerobik dengan dance dan gerakan menyenangkan lainnya. Remaja dan anak-anak yang beranjak dewasa mungkin lebih menikmati hip-hop dan dance modern. Beberapa dari mereka juga berminat dalam melakukan aerobic dance, kickboxing, yoga dan pilates.

Anda juga bisa membantu anak Anda ikut serta dalam kegiatan olahraga sekolah yang terorganisir.

Ada pula hal-hal yang harus diingat ketika mengikutsertakan anak Anda dalam kegiatan fisik.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention) (1997) dan Dewan Pendidikan Jasmani untuk Anak (The Council for Physical Education for Children) (1998), anak-anak paling tidak harus aktif secara fisik dalam waktu 30-60 menit dalam seminggu atau beberapa kali dalam seminggu. Sedang untuk aktivitas berat dalam sehari harus berlangsung selama sekitar 10 sampai 15 menit.

Bermain games dan aktivitas seperti bersepeda, berjalan, berlari, dll juga harus dimasukkan dalam kegiatan anak.

Untuk mendorong aktivitas fisik, pastikan untuk melaksanakan aturan-aturan akan gaya hidup sehat. Ini mencakup pengaturan waktu untuk menonton televisi dan bermain komputer.

Selain itu, pastikan bahwa anak Anda makan tidak di depan televisi atau komputer. Hal ini akan memberikan waktu bagi orang tua untuk berbincang dengan anak-anak selama makan.

Cara termudah untuk mengajar dan mendorong anak-anak untuk berolahraga adalah memberikan mereka contoh.

Obesitas dan masalah kegemukan bukan hanya masalah kesehatan anak-anak, tapi banyak orang dewasa yang juga menderita masalah kesehatan tersebut.

Berolahraga bersama-sama membantu sebuah keluarga membangun hubungan yang lebih kuat dan lebih dekat. Aerobik tidak hanya akan menguntungkan anak Anda, tapi juga seluruh keluarga Anda.

Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2010/12/aerobik-untuk-anak-anak.html

No comments:

Post a Comment