Info-Kesehatan: Olahraga yang Menyenangkan: Aerobic Dance

Aerobic Dance menggabungkan olahraga dengan berbagai bentuk tarian seperti balet dan jazz ke dalam olahraga harian. Biasanya olahraga ini dianggap latihan yang beresiko rendah (low-impact) dan lebih lambat dibandingkan dengan gerakan aerobik lain, meskipun ada juga yang gerakannya cepat. Karena karakteristiknya, olahraga ini sangat ideal bagi mereka yang membutuhkan olahraga yang beresiko rendah seperti manula, penderita kegemukan dan ibu hamil.


Apa yang membuat aerobic dance tampak menarik? tentu saja, musik. Ada berbagai jenis musik yang dapat digunakan untuk aerobic dance, juga kecepatan yang berbeda-beda dan variasi gaya aerobic dance. Ada pedoman untuk musik aerobik, biasanya sekitar 120-124 bit per menit untuk aerobik melangkah. Untuk latihan yang beresiko rendah, biasanya sekitar 136-148 bit per menit. Para pemula pun bisa menari dan berkeringat dengan irama lambat.

Aerobic dance dapat diklasifikasikan ke dalam olahraga beresiko tinggi (high-impact), beresiko rendah (low-impact), step aerobic (melangkah) dan water dance aerobic (menari aerobik dalam air). High-impact, seperti namanya, olahraga ini akan melibatkan latihan yang intensif seperti melompat-lompat yang disinkronkan dengan musik. Step aerobic, menggunakan bangku pijakan (step bench). Dan aerobik air, dilakukan di dalam air setinggi pinggang.

Selain dari gerakan yang diiringi dengan musik, tari aerobik juga dikombinasikan dengan gerakan cepat ataupun dengan aerobik pernapasan. Olahraga ini memompa lebih banyak oksigen ke dalam aliran darah dan meremajakan tubuh. Aerobic dance biasanya dilakukan dari 20 hingga 30 menit, lakukan selama tiga kali seminggu. Gerakan ini dilakukan seperti tarian berirama (ritmik), menghitung penting dalam nengatur irama.

Sebelum masuk ke gerakan ini, melakukan pemanasan sangatlah penting. Pemanasan ini biasanya akan berlangsung selama 10 sampai 15 menit. Latihan-latihan peregangan ini akan menurunkan resiko cedera dan mempersiapkan tubuh untuk setiap gerakan yang rumit. Setelah melakukan olahraga yang sebenarnya, lakukan relaksasi atau pendinginan selama 5 hingga 15 menit untuk membantu relaksasi jantung dan otot-otot lainnya.

Aerobic dance memiliki banyak manfaat walaupun dilakukan atau dipraktekkan dengan cara yang menyenangkan. Aerobik semacam ini adalah olahraga yang bagus untuk menurunkan berat badan dan menyehatkan otot-otot tubuh. Hal ini juga akan membantu tubuh membangun kekuatan tulang yang kebanyakan menopang berat badan dan juga menguatkan otot jantung.


Sama seperti olahraga lainnya, aerobic dance pun dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kadar gula darah dan kolesterol. Karena aerobic dance mencakup latihan pernapasan yang tepat, oksigen lebih banyak beredar di paru-paru, jantung, dan pembuluh darah yang membuat tubuh berfungsi lebih baik, menghasilkan energi dan stamina yang lebih banyak. Manfaat dari segi fisik meliputi peningkatan sistem kekebalan tubuh, mencegah  tubuh terserang pilek, flu, dll

Aerobic dance juga merupakan cara terbaik untuk mencegah stres . Hal ini dapat mematahkan stres dan rutinitas monoton kita di rumah, sekolah atau di tempat kerja. Ia bahkan bisa memungkinkan Anda untuk mengembangkan atau melatih kreativitas Anda, karena Anda dapat membuat langkah atau gerakan tarian sendiri. Jika Anda tidak bisa meninggalkan rumah untuk pergi ke tempat gym, Anda bisa melakukan olahraga aerobik ini di rumah, mempelajari langkah-langkahnya dan memilih lagu sendiri. Betapa bahagianya bisa tetap sehat dengan aerobik oleh ayunan pinggul Anda!

Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2010/11/olahraga-yang-menyenangkan-aerobic.html

No comments:

Post a Comment