Info-Kesehatan: Manfaat Aerobik

Kami selalu mengingatkan bahwa olahraga dapat memberikan keajaiban bagi tubuh. 

Aerobik, sejenis olahraga yang membantu tubuh anda menggunakan lebih banyak oksigen sambil mempertahankan kesehatan jantung Anda, dapat membantu seseorang hidup lebih sehat. 

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa melakukan aerobik dalam 30 menit setiap hari akan banyak bermanfaat bagi tubuh.


  • Baik untuk jantung

Melakukan aerobik yang teratur secara bertahap akan membuat jantung lebih luas. Jantung yang lebih luas akan dapat memberikan lebih banyak darah beroksigen yang dapat digunakan oleh otot.

  • Penurunan berat badan

Aerobik dan segala jenis aktivitas fisik tentunya dapat membantu mengendalikan dan mengurangi berat badan. 

Hal ini paling berhasil bila dikombinasikan dengan diet sehat. Termasuk aktivitas fisik dan olahraga dengan rutinitas harian Anda, pasti akan membantu Anda mencapai hasil yang lebih baik, gaya hidup sehat dan peningkatan energi. 

Aerobik akan membantu tubuh Anda membakar kalori yang dikonsumsi dan mencegahnya menjadi tumpukan lemak.

  • Kebal terhadap penyakit

Aerobik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini akan mencegah penyakit seperti pilek dan flu terjadi. 

Aerobik juga bisa membantu tubuh mengontrol masalah kesehatan yang ada seperti tekanan darah tinggi dan gula darah. 

Berat badan berlebihan dan obesitas dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti diabetes, penyakit jantung dan stroke. Aerobik dapat membantu dalam mengurangi risiko penyakit ini. 

Olahraga semacam ini juga dapat membantu dalam membersihkan arteri jantung dari kolesterol jahat.

  • Manfaat bagi lansia

Penuaan bisa memiliki efek yang berbeda pada tubuh dan olahraga dapat membantu Anda menghadapi perubahan ini. 

Olahraga dapat membantu tubuh Anda menjadi lebih kuat dan lebih gesit ketika anda menjadi tua. Masalah umum dari lansia adalah fleksibilitas dan kecepatan. 

Aerobik dan olahraga pertahanan lainnya dapat membantu mengurangi masalah ini.

  • Peningkatan stamina dan energi

Bertentangan dengan apa yang dipikirkan orang, aerobik dan berolahraga tidak akan membuat Anda menahan nafas dan kurang energik. Malahan bisa meningkatkan stamina dan energi. 

Berolahraga secara terus menerus dan teratur dapat membantu pengembangan otot dan peningkatan daya tahan tubuh. Selain itu, aerobik juga dapat mengurangi kelelahan dan mengurangi sesak napas. 

Aerobik bisa membantu tubuh mencapai tidur yang lebih baik di malam hari dan membuat orang lebih energik dan segar keesokan harinya.

  • Memberikan kesehatan mental yang lebih baik

Berolahraga tidak hanya menenangkan dan menyehatkan tubuh, berolahraga juga ternyata dapat membantu meningkatkan suasana hati seseorang. 
Mencapai kesehatan yang lebih baik melalui aerobik dapat meningkatkan kepercayaan diri. Cara ini bahkan digunakan untuk mengurangi stres, kegelisahan dan depresi.

Aerobik memiliki banyak manfaat. Bahkan, beberapa orang mengatakan bahwa selain dari manfaat fisik dan mental, aerobik juga dapat membantu dalam meningkatkan kinerja seksual.

Sayangnya, aerobik mungkin tidak aman untuk semua orang. Mereka yang memiliki penyakit tertentu dan sedang mengandung harus mengambil tindakan pengamanan yang diperlukan saat melakukan latihan aerobik. Sebelum mencoba aerobik, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terutama jika Anda memiliki penyakit tertentu atau pernah mengidapnya.


Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2010/12/manfaat-aerobik.html

No comments:

Post a Comment