Info-Kesehatan: Binge Eating: Berlatih Mengontrol Diri

Ada begitu banyak gangguan makan yang sangat berbahaya yang mempengaruhi orang dari segala, ras, usia, jenis kelamin, bahkan status ekonomi.

Mungkin salah satu dari kalian sudah banyak mendengar dalam berita tentang anoreksia dan bulimia, tapi ada satu gangguan berat badan yang dikenal amat merugikan yakni Binge Eating.

Gangguan ini sangat merugikan bagi tubuh dan dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan sejumlah penyakit lainnya, yang sebenarnya dapat mengakibatkan kematian.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali Binge Eating dan segera cari bantuan jika anda pikir ini bisa menjadi masalah buat anda.

Binge Eating pada dasarnya adalah bentuk yang paling buruk dari tingkah pola makan yang berlebihan.

Ada kalanya kita semua terlalu memanjakan diri ketika mendapatkan makanan yang enak, contohnya seperti saat liburan atau ketika makan di restoran.

Penderita Binge Eating ini selalu menghadapi masalah 'makan berlebih' lebih dari sekali selama seminggu. Penderita Binge Eating sering mengalami kelebihan berat badan dan tidak bahagia sehingga membuat situasinya semakin parah.

Penderita Binge Eating akan makan secara berlebihan ketika mereka merasa sakit.

Dalam banyak kasus, mereka akan memakan ribuan kalori dalam satu waktu saat jam makan, dan kebanyakan makanan yang mereka makan tidak terlalu bergizi, yang penting mereka merasa nyaman.

Penderita Binge Eating lebih senang dengan makanan yang manis atau gurih, dan bahkan mereka kemungkinan memiliki masalah dengan alkohol.

Dalam satu hari, seorang Binge eater-sebut saja begitu- dapat makan lebih dari porsi makan orang normal dalam seminggu. Makanan yang yang dikonsumsinya pun  bervariasi dan bahkan dapat berubah dari hari ke hari.

Tidak seperti penderita bulimia, Binge eater tidak akan memuntahkan makanan yang mereka makan. Oleh karena itu, Binge eater cenderung mengalami kelebihan berat badan.

Bahkan dalam beberapa kasus, Binge eater dapat makan tanpa henti selama sehari penuh, tapi kemudian mereka akan menghabiskan waktu berikutnya (tiga atau empat hari) dengan membiarkan diri mereka kelaparan dan berolahraga habis-habisan agar tetap di angka (berat badan) yang sama, jika memungkinkan.

Binge eater juga menggandeng sejumlah penyakit fisik lainnya, bahkan dapat mempengaruhi mental pribadi dan emosional seseorang.

Binge eater berpaling ke makanan demi mencari kenyamanan sebagai cara untuk keluar dari masalah mereka -tentu saja cara ini tidak sehat.

Penderita ini juga biasanya sangat emosional terhadap berat badan mereka dan mungkin mengalami depresi karenanya, terlepas dari masalah apakah mereka kelebihan berat badan atau tidak.

Binge Eating tidak hanya berbahaya bagi Binge eater, tapi juga dapat mempengaruhi semua orang di sekitarnya. Jika anda atau seseorang yang anda kenal menderita penyakit ini, penting untuk mencari bantuan sesegera mungkin.

Binge Eating bukanlah cara yang baik untuk menurunkan berat badan.

Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2011/02/binge-eating-berlatih-mengontrol-diri.html

No comments:

Post a Comment