Info-Kesehatan: Keajaiban Latihan Aerobik

Masyarakat jaman sekarang semakin sadar tentang penampilan fisik dan kesehatan mereka secara keseluruhan. 

Mengetahui bahwa obesitas dapat mempengaruhi gaya hidup dan kehidupan sosial, serta kesejahteraan mereka, maka orang-orang mulai mencari cara untuk menurunkan berat badan dan hidup sehat. Salah satu cara dari sekian banyak adalah olahraga aerobik.


Saat ini banyak orang yang mengikuti kegiatan penurunan berat badan yang tengah populer seperti terlibat dalam diet penurunan berat badan. Namun, sedikit dari mereka yang tahu bahwa ini dapat mempengaruhi kesehatan mereka jika dilakukan dengan 'terlalu' dan tanpa pengawasan yang memadai dari para ahli.

Mengapa memilih olahraga aerobik

Jika Anda salah satu dari mereka yang berusaha untuk mencari cara untuk menurunkan berat badan, maka salah satu cara yang terbaik adalah dengan masuk ke kelas aerobik. 

Tidak seperti teknik penurunan berat badan lainnya yang berfokus pada makanan dan latihan fisik yang ketat, latihan aerobik sama sekali tidak perlu itu dalam menurunkan berat badan,  juga dalam mengubah gaya hidup seseorang.

Orang sering menghubungkan berat badan dengan asupan makanan. Ini adalah alasan mengapa semakin banyak dari mereka menggunakan diet sebagai senjata pamungkas untuk menurunkan berat badan. 

Walaupun fakta mengatakan bahwa makan banyak mempengaruhi berat badan, itu bukan satu-satunya alasan mengapa orang menderita kelebihan berat badan.  Ada faktor lain seperti kandungan nutrisi dari makanan yang mereka makan, perilaku dan pola makan, dan kemalasan adalah alasan utama mengapa orang menjadi gemuk.

Banyak orang tidak menyadari itu tetapi ketika mereka diet, mereka kehilangan nutrisi yang penting bagi kesehatan dan pertumbuhan secara keseluruhan. 

Para ahli mengatakan bahwa daripada terlalu banyak mengurangi makanan, mengapa tidak memanjakan diri dalam latihan fisik yang tidak membawa stres dan kelelahan.

Hal yang membuat latihan aerobik lain daripada program penurunan berat badan yang lain adalah bahwa aerobik mempromosikan dan mendorong fleksibilitas. Karena latihan aerobik memungkinkan seseorang melakukan aktivitas fisik dengan konsentrasi yang lebih rendah, dan ia dapat melakukan hal-hal lain. Dengan cara itu mereka bisa lebih produktif.

Tidak seperti kegiatan fisik lainnya yang memerlukan gerakan yang berat atau yang mengharuskan sesorang untuk pergi ke tempat gym dan pusat kebugaran, kita dapat melakukan latihan aerobik dimana saja. 

Latihan aerobik sederhana meliputi bersepeda, jogging teratur, berenang, dan ski. Anda juga dapat mengikuti latihan aerobik sederhana di pusat kebugaran terdekat.

Satu hal yang baik tentang senam aerobik adalah bahwa aerobik membantu paru-paru dan jantung. Karena latihan aerobik sebagian besar telah terbukti meningkatkan sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga membuat orang memiliki paru-paru dan fungsi jantung yang lebih baik. Dan juga memungkinkan tubuh untuk memanfaatkan oksigen dengan baik dan membuat jantung menggunakan oksigen lebih efisien. 

Jika dilakukan dengan benar, latihan aerobik juga dapat membantu orang mencegah dan bahkan menyembuhkan penyakit jantung.

Selain penyakit jantung dan paru-paru, latihan aerobik juga dapat membantu mengontrol lemak tubuh lemak yang dilakukan bersama dengan diet yang tepat dan latihan kekuatan, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap kelelahan yang mengakibatkan pasokan energi ekstra, mengencangkan otot-otot dan dapat meningkatkan massa tubuh seseorang, mencegah stres, dan membuat tidur lebih baik dan umumnya memberi stamina.

Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2011/01/keajaiban-latihan-aerobik.html

No comments:

Post a Comment