Info-Kesehatan: Periksa Kesehatan anda: Cari Tahu Tentang Kolesterol

Anda akan tahu seberapa sehatkah anda ketika anda memeriksa kolesterol anda secara teratur. 


Dengan semua kemajuan medis, anda akan mengetahui dengan persis bagian mana dari kolesterol anda yang berada di luar kendali dan bagaimana kemajuan kesehatan anda.

Anda akan mendapatkan angka-angka yang disertai dengan penjelasan, tapi sayangnya informasi itu terkadang masih bisa jadi sangat membingungkan.

Anda mungkin perlu mendapatkan kit tes kolesterol sehingga anda dapat mengujinya di rumah anda sendiri. 

Anda mungkin akan menemukan kesulitan untuk memahami kit ini, tetapi jika anda paham perhitungan, maka anda pun akan dapat memahami angka-angka itu.

Pertama, anda akan diberikan angka untuk kolesterol jahat anda yang biasanya disebut sebagai kolesterol LDL (Low Density Lipids). LDL ini juga sering disebut sebagai "kolesterol jahat" dan anda bisa mengingatnya dengan menggunakan L sebagai singkatan dari Lower.

Kolesterol jahat akan berhenti diproduksi sekitar 65-75% dari total kolesterol anda, namun anda harus memastikan bahwa jumlah total setidaknya lebih rendah dari 130 karena kolesterol LDL adalah jenis yang menyebabkan serangan jantung. 

Oleh sebab itu jika anda memiliki faktor berisiko lainnya seperti obesitas atau riwayat keluarga yang berpenyakit jantung, maka cobalah untuk menjaga total angka LDL agar lebih rendah, jika memungkinkan usahakan kurang dari 100. 
Makanan anda sangat penting dalam banyak hal terutama dalam hal menurunkan kadar kolesterol jahat anda.

Angka kedua adalah kolesterol baik atau HDL (High Density Lipid).

Anda pun dapat selalu mengingatnya bahwa HDL itu sehat dengan mengingat huruf "h". Anda harus menjaga angka ini paling sedikit 35 atau lebih untuk pria, dan 40 atau lebih bagi wanita. 

Perempuan lebih mudah meningkatkan tingkat HDLnya daripada laki-laki, namun hal ini dapat dilakukan melalui latihan dan tidak merokok.

Sebagai angka yang terakhir, anda perlu menghitung total tingkat kolesterol anda dengan menambahkan keduanya. 

Anda akan tahu jika anda menjaga LDL dan kadar HDL pada tingkat normal, maka anda akan memiliki total kadar kolesterol yang baik.

Untuk itu, anda harus berkonsultasi dengan dokter anda jika anda memiliki pertanyaan tentang kolesterol dan angka-angkanya. Mereka dapat membantu anda sehingga anda dapat memiliki hidup sehat dengan kolesterol yang terkendali.

Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2011/02/periksa-kesehatan-anda-cari-tahu.html

No comments:

Post a Comment