Info-Kesehatan: Mengapa Memilih Aerobik Daripada Diet

Banyak penelitian mengatakan bahwa latihan aerobik tidak disarankan karena tidak dapat sepenuhnya membuka jalan untuk menurunkan dan mengendalikan berat badan secara permanen.


Namun, ada penelitian yang juga menunjukkan bahwa aerobik dapat membawa manfaat jangka pendek seperti menjadi motivator yang kuat, tidak hanya dalam menurunkan berat badan tetapi juga dalam hidup sehat untuk selamanya.

Sementara beberapa dokter mengatakan bahwa boleh saja berdiet untuk menurunkan berat badan dengan cepat jika kesehatannya tidak akan terganggu atau terpengaruh, dengan latihan aerobik, tidak perlu khawatir karena ia akan memutuskan untuk melebihkan atau mengurangi tahap-tahap dalam aerobik .

Menurunkan berat badan melalui diet bisa efektif jika hanya digunakan sebagai awal untuk menurunkan berat badan karena hal ini menuntun kepada diet yang seimbang. 

Tapi, penurunan berat badan melalui latihan aerobik dapat memastikan bahwa Anda tidak hanya mengikuti rencana diet yang masuk akal tapi Anda juga memiliki kegiatan rutin sehingga Anda tidak akan mendapatkan kembali berat badan yang Anda hilangkan.

Meskipun beberapa strategi prnurunan berat badan efektif, cara itu tetap tidak mengubah fakta bahwa masuk ke dalamnya tanpa persiapan sangatlah berbahaya bagi kesehatan. 

Tidak seperti ketika Anda terlibat dalam latihan aerobik di mana Anda tidak hanya memiliki kesempatan untuk menurunkan berat badan tapi Anda juga dapat meningkatkan kondisi jantung dan paru-paru melalui pemanfaatan yang tepat dari oksigen dalam tubuh.

Meningkatkan potensi aerobik dalam mengendalikan berat badan

Bahkan dengan latihan aerobik sekali pun, masih ada faktor-faktor yang akan membuat Anda tidak dapat mengendalikan berat badan Anda. Dua alasan mengapa orang menjadi gemuk adalah nafsu makan dan ketidakmampuan mereka untuk terus melakukan kegiatan seperti olahraga aerobik secara teratur. 

Beberapa faktor kunci yang memicu nafsu makan dan kehilangan minat dalam mengendalikan berat badan yakni emosi, depresi, dan kecemasan yang mengarah ke makan berlebih dan menjadi lemah ketika melakukan aktivitas fisik.

Para ahli mengatakan bahwa jika seseorang dapat mengatur nafsu makan dengan belajar untuk berurusan dengan emosi mereka dengan cara yang berbeda, kemungkinan untuk mencapai penurunan berat badan dalam waktu singkat akan lebih besar. Berikut adalah beberapa tips dalam memerangi nafsu makan berlebih dan tiba-tiba kehilangan minat dalam mengendalikan berat badan:

  • Berupaya untuk menentukan mood Anda sendiri terutama sebelum makan. Melakukan hal ini akan memberi Anda pola pikir bahwa makan hanyalah pelarian sehingga Anda dapat melupakan apa pun yang mengganggu Anda.


  • Menganalisa dan memonitor emosi Anda sehari-hari. Memeriksa tingkat emosional Anda sehari-hari dapat membantu Anda melacak alasan mengapa Anda menikmati makan dengan emosional dan mengapa Anda kehilangan dorongan untuk melanjutkannya dengan latihan aerobik Anda. Hal ini juga dapat membantu Anda melawan dorongan untuk makan berlebihan ketika Anda marah.


  • Cobalah untuk mengembangkan hobi baru yang akan membawa pikiran Anda lepas dari makan berlebih atau menjadi malas. Dengan menjaga diri Anda sibuk dengan hal-hal lainnya, Anda dapat menghindari makan dalam jumlah besar secara teratur.


  • Membuat latihan aerobik sederhana seperti berjalan atau jogging secara teratur. Pengerahan tenaga fisik dapat membantu tubuh Anda membakar kalori yang tidak perlu dan yang tidak diinginkan. Dengan demikian, ini dapat membantu Anda mengendalikan berat badan dalam waktu singkat.



Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2011/01/mengapa-memilih-aerobik-daripada-diet.html

No comments:

Post a Comment