Info-Kesehatan: Kontrol Berat Melalui Aerobik

Semakin banyak orang yang kini mulai mengendalikan berat badan mereka karena takut akan bahaya obesitas pada kesehatan mereka secara keseluruhan. Salah satu bentuk yang paling umum untuk mengendalikan berat badan saat ini adalah senam aerobik.


Selama bertahun-tahun, latihan aerobik telah menjadi salah satu cara yang paling populer dalam mengendalikan berat badan bagi orang yang mengalami kelebihan berat badan. Meskipun tampaknya sudah banyak kesaksian yang tak terhitung mengenai manfaatnya, banyak para ahli yang setuju bahwa aerobik juga dapat menimbulkan efek samping bila tidak dilaksanakan dengan tepat.

Gerakan aerobik seperti berjalan, jogging, berenang, dan ski dapat dianggap sebagai cara termudah untuk melakukan olahraga rutin setiap hari. 

Namun, orang-orang yang sedang mengendalikan berat badannya juga harus mencari bantuan para ahli yang profesional dalam melakukannya karena olahraga ini bisa saja menimbulkan rasa lapar yang berkepanjangan, depresi, mengurangi dorongan seksual, kelelahan, lekas marah, pingsan, masalah sinus, kehilangan otot, ruam, mata merah, penyakit kantung empedu, dan keriput. Selain itu, orang yang mengidap penyakit medis tertentu juga dilarang untuk melakukan olahraga aerobik terutama ketika hal itu berkaitan dengan kondisi medis tertentu.

Namun, diet yang paling khusus memerlukan beberapa bentuk latihan. Biasanya, diet ini menyertakan, mengecualikan, atau mengatur seperangkat bahan kimia tertentu terutama dari makanan yang memiliki bahan-bahan kimia. Diet ini diberikan kepada orang-orang yang memiliki penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit lain seperti epilepsi, penyakit celiac, penyakit ginjal, dan juga penyakit laktosa. Jenis lain dari diet khusus untuk mengendalikan berat badan yakni makanan rendah lemak, diet rendah karbohidrat atau Atkins Diet, diet alami, diet vegetarian, dan diet rendah kalori.

Bagaimana cara untuk melengkapi latihan aerobik

Salah satu cara yang efektif untuk mencapai kesehatan dan kebugaran adalah mengajar seseorang untuk mengelola atau mengendalikan berat badannya. Secara sederhana mengendalikan berat badan berarti bahwa seseorang bisa belajar bagaimana makan makanan seimbang, diet sehat, dan memiliki satu paket rutinitias berolahraga yang diperlukan untuk tetap fit dan sehat.

Jika Anda salah satu dari mereka yang telah memutuskan untuk menggunakan aerobik sebagai cara untuk menurunkan berat badan dan mencapai manfaat kesehatan jangka panjang, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat mengendalikan berat badan dengan bantuan latihan aerobik:

  • Jangan terburu-buru saat makan. Mengambil waktu Anda sambil makan dapat membantu Anda menikmati rasa makanan dengan baik dan juga membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan makanan yang dimakan. Setelah sinyal kenyang dikirim ke otak Anda, Anda sekarang dapat makan dalam jumlah kecil.


  • Makanlah lebih banyak pada siang hari dan lebih sedikit pada malam hari. Untuk mencapai kesehatan dan kebugaran yang optimal, akan lebih baik jika Anda berlatih dengan siang hari makan dengan porsi besar agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk membakar sepanjang hari. Pada malam hari, orang-orang yang mengendalikan berat badan mereka harus makan makanan kecil sehingga Anda dapat menyeimbangkan metabolisme tubuh dan membakar lemak dan kalori yang tidak diinginkan.


  • Mengisi tubuh dengan banyak cairan, terutama air. Dehidrasi membuat seseorang kehilangan nafsu makan dan dapat membuat seseorang kehilangan berat badan begitu banyak yang bisa berbahaya bagi kesehatannya. Untuk mencegah dehidrasi terutama dalam melakukan latihan aerobik, seseorang disarankan untuk minum banyak cairan, terutama air.

Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2011/01/kontrol-berat-melalui-aerobik.html

No comments:

Post a Comment