Info-Kesehatan: Mengenal Step Aerobik

Aerobik memiliki berbagai jenis dan bentuk. Mereka dapat ditentukan atau diidentifikasi oleh peralatan yang digunakan dalam gerakan aerobik. 


Step aerobik menggunakan platform yang disebut step bench. Tinggi bangku biasanya sekitar empat sampai sepuluh inci. 

Dengan step aerobik, semakin tinggi elevasi, semakin tinggi pula daya tahan yang dibutuhkan. 

Step aerobik biasanya dilakukan dengan musik yang ketukannya berkisar 125-140 bit per menit.

Langkah aerobik dimulai sebagai perluasan dari senam lantai yang dikembangkan di akhir 80-an. Jenis latihan ini menggunakan langkah dasar yang berarti bahwa kaki menginjak bangku dan diikuti dengan kaki yang lain. Kaki pertama akan turun, diikuti oleh yang kedua. Hal ini disebut "langkah dasar." 

Ada banyak jenis langkah yang digunakan pada jenis olahraga ini. Ada beberapa langkah yang umum yakni sudut lutut (corner knee),  repeater knee, langkah T, over-the-top, menekuk lutut, langkah V, mengangkang, langkah L, split step dan langkah I.

Step aerobik dapat dilakukan baik di pusat kebugaran dan di rumah. 

Ketika Jane Fonda merilis salinan gerakan aerobik di era 80-an, ia mengubah cara pandang tentang senam. Dan cara pandang itu menjadi kemudahan bagi banyak orang untuk mempraktekkan gaya hidup sehat, karena mereka bisa membawa pulang gerakan tersebut dan melakukannya sendiri.

Olahraga semacam ini sangat bagus untuk tubuh. Tubuh dapat membakar lebih banyak lemak dan karbohidrat, para ahli merekomendasikan agar berolahraga sekitar 20 sampai 30 menit. 

Setelah berolahraga, metabolisme tubuh pun masih mempercepat pembakaran kalori. 

Bayangkan membakar banyak kalori ketika hanya menggunakan sekitar setengah dari dampak berjalan.

Gerakan berjalan dapat membantu membentuk dan mengencangkan otot kaki. Untuk menyeimbangkannya, ada beberapa program yang bisa dilakukan diantaranya angkat beban untuk membangun otot-otot tubuh bagian atas. 

Area perut juga harus diberikan aktivitas yang cukup melalui peregangan yang dilakukan sebelum dan setelah latihan.

Namun, step aerobik mungkin bukanlah rutinitas yang sempurna bagi sebagian orang. Sebagai contoh, ada beberapa program olahraga yang akan mewajibkan pesertanya memiliki kemampuan untuk melakukan gerak kaki dengan lincah. 

Ada beberapa pusat kebugaran yang menawarkan step aerobik, Anda hanya perlu memilih program yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Kelemahan lain dari step aerobik adalah bahwa olahraga ini terkadang dapat menyebabkan nyeri pada lutut dan punggung bagian bawah. 

Sebelum melanjutkan ke jenis program olahraga manapun, Anda harus berkonsultasi ke dokter terutama bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu. 

Step aerobik dapat dilakukan oleh berbagai kalangan, tapi intensitasnya bergantung pada kesehatan, keterampilan, dan kenyamanan individu.

Selain mendapatkan persetujuan dokter, juga penting untuk mengenakan pakaian yang sesuai. Pakaian harus nyaman saat dipakai dan bergerak, serta tidak membatasi gerakan Anda. Selain itu, mengenakan sepatu yang tepat juga penting sehingga menjaga keseimbangan sekaligus mencegah penggunanya tergelincir atau mengalami cedera.

Step aerobik memang sangat menyenangkan. Beberapa orang lebih memilih olahraga ini daripada senam aerobik lainnya. Tapi penting untuk mengidentifikasi apakah aerobik jenis ini cocok untuk Anda, jika tidak, Anda mungkin akan mengalami masalah yang bahkan dapat menyebabkan Anda berhenti berolahraga.


Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2011/01/mengenal-step-aerobik.html

No comments:

Post a Comment