Info-Kesehatan: Kebutuhan Akan Aerobik

Aerobik telah menjadi fenomena di seluruh dunia sejak tahun 80-an, dan sebagian besar dunia tahu tentang hal itu. 

Untuk yang belum tahu, Dr Kenneth Cooper (pengembang) mengajukan definisi resmi untuk Kamus Inggris Oxford.


Dengan demikian, aerobik didefinisikan sebagai "sebuah metode latihan fisik untuk menghasilkan perubahan yang bermanfaat dalam sistem pernapasan dan peredaran darah dari aktivitas yang memerlukan sedikit peningkatan asupan oksigen dan dapat dipertahankan."

Karena saat ini banyak penyakit baru (hipertensi, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular lainnya) yang dibawa oleh manusia modern dengan gaya hidup yang umumnya tidak aktif pada fsik merreka, untuk itu para ahli sangat menyarankan aerobik untuk semua orang.

Latihan aerobik

Definisi umum aerobik adalah kegiatan sederhana yang terdiri dari gerakan berulang dari sebagian besar otot-otot lengan dan kaki untuk jangka waktu tertentu dengan intensitas yang rendah. Kegiatan ini dapat meningkatkan pernapasan dan detak jantung.

Kebanyakan kegiatan low-impact yang Anda lakukan setiap hari juga jatuh dalam kategori ini. Ini meliputi kegiatan rutin seperti berjalan, jogging, berenang, dan bersepeda.

Bagi mereka yang masih baru dalam program latihan, atau mungkin yang memiliki riwayat penyakit tertentu, rutinitas olahraga ringan adalah yang paling dianjurkan pada hari pertama dalam seminggu.

Manfaatnya bagi jantung

Para ahli menyarankan bahwa latihan aerobik harus dilakukan pada intensitas sedang. Tingkat aktivitas yang aman bagi hampir semua orang, dan masih menyediakan manfaat kesehatan yang diinginkan.

Penelitian terbaru membawa kabar baik tambahan. Hal ini menunjukkan bahwa pelaku aerobik masih bisa menikmati manfaat kardiovaskular bahkan jika berolahraga secara rutin (biasanya 30 menit) ini dapat dibagi menjadi tiga atau empat segmen masing-masing 8-10 menit, selama latihannya dari intensitas yang sama.


Intensitas

Olahraga dengan intensitas tinggi membuat Anda rawan cedera otot atau sendi. Dan yang lebih buruk lagi, tingkat ini mungkin akan memicu konsekuensi yang fatal karena gangguan irama jantung.

Untuk itu instruktur aerobik selalu memulai sesi dengan peregangan ringan dan gerakan dengan intensitas rendah selama 5 sampai 10 menit. Pemanasan itu penting untuk menghindari cedera. Lalu, diakhiri dengan pendinginan sekitar 5 sampai 10 menit.

Manfaat

Seperti yang telah terbukti bertahun-tahun, orang-orang yang terlibat dalam kegiatan aerobik reguler dikenal bisa mendapatkan keuntungan dengan cara mengurangi jumlah kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah, tubuh menadi kencang karena pengurangan lemak dan penurunan berat badan.

Aerobik telah dikenal dapat mengembangkan otot dan daya tahan tubuh secara keseluruhan, memperbaiki suasana hati, dan risiko penyakit medis tertentu seperti penyakit jantung.

Kegiatan umum

Bagian yang terbaik adalah cara yang sederhana untuk melakukan aerobik, bahkan tanpa harus pergi ke tempat gym dan berpartisipasi dalam kegiatan gym.

Dokter merekomendasikan berjalan kaki sederhana totalnya sekitar 10.000 langkah sehari. Mulailah dengan sesuatu yang lebih rendah, dan menambahkan jumlah langkah perlahan-lahan setiap hari sampai Anda mencapai tujuan Anda.

Lakukan secara teratur, jalan cepat dijamin dapat menghapus resiko yang biasa terjadi pada kesehatan Anda. Kebutuhan Anda untuk aerobik tidak terlalu sulit penuhikan.


Source:http://sehat-bugar-selalu.blogspot.com/2011/01/kebutuhan-akan-aerobik.html

No comments:

Post a Comment